坂道シリーズの連載「坂道の火曜日」、今週は5月9日から3日間、東京・日本武道館で行われた欅坂46の3周年アニバーサリーライブについて、担当記者のコラムです。1度だけのMCを挟んでほぼノンストップの構成。全体曲のみを披露する異例のセットリストで、ファン1万人を魅了しました。欅坂46の世界観が凝縮された「一気見せ」ライブの“真実”とは。

Ini adalah sebuah kolom dari jurnalis penanggung jawab serial Sakamichi ‘Selasa Sakamichi’ yang berisi tentang Keyakizaka46 3rd Year Anniversary Live yang berlangsung di Nippon Budokan, Tokyo selama 3 hari mulai tanggal 9 Mei 2019. Sebuah konser tanpa henti yang hanya diselingi oleh 1 sesi MC. Dengan setlist yang tak biasa dimana hanya menampilkan lagu grup, mereka telah memesona 10 ribu penggemar. Seperti apakah kebenaran dari konser “satu tarikan nafas” yang telah merangkum perspektif Keyakizaka46 itu?

 

 

ライブは“アンコール”から始まった。4月に行われた大阪公演のラストで披露した「危なっかしい計画」を1曲目から歌い、「以上、欅坂46でした!」とあいさつして退場した。大阪公演から東京公演はストーリーが続いている、と見るものを意識させる演出。ファン1万人はいきなり「欅坂46!」とアンコールを行った。そこからは、まるで「夢」を見ているかのような、あっという間に駆け抜ける1時間半だった。

Konser ini dimulai dari “encore”. Mereka menyanyikan lagu pertama ‘Abunakkashii Keikaku’ yang merupakan lagu terakhir di konser Osaka yang diselenggarakan bulan April, kemudian mereka menyampaikan salam perpisahan “Sekian dari Keyakizaka46!” dan pergi meninggalkan panggung. Sebuah pertunjukkan yang membuat kami tersadar bahwa setlist konser di Tokyo merupakan kelanjutan dari konser di Osaka. 10 ribu penggemar secara tiba-tiba meneriakkan encore “Keyakizaka46!”. Setelahnya, durasi 1 jam 30 menit berlalu dengan begitu cepat, benar-benar bagaikan sedang “bermimpi”.

2曲目の「避雷針」からはダークな世界観のナンバーが続き、MCを挟んで、平手友梨奈(17)らメンバー8人が本格的な影絵パフォーマンスを披露。その後は「もう森へ帰ろうか?」など切ない雰囲気の曲から、徐々にアップテンポなナンバーへと続き、「アンビバレント」で本編を締めた。

Dimulai dari lagu kedua ‘Hiraishin’, lagu-lagu dengan perspektif gelap pun berlanjut, setelah diselingi oleh sesi MC, Hirate dan 8 member lainnya menampilkan pertunjukan bayangan. Setelahnya, dimulai dari lagu yang bernuansa menyedihkan seperti ‘Mou Mori e Kaerou ka?”, dilanjut dengan lagu-lagu yang temponya semakin cepat, hingga ‘Ambivalent’ sebagai penutup bagian utama konser ini.

 

 

さらに千秋楽のみ、アンコールで「黒い羊」を披露。メンバーたちが赤い花束を持つ平手を、突き飛ばしたり、抱きしめたりした。ステージに1人だけ残った小林由依(19)が、平手が祭壇に置いていった花束を手にとり退場すると、大きな拍手があがった。芸術作品のようなライブだった。

Selain itu, mereka menampilkan ‘Kuroi Hitsuji’ hanya saat encore di hari terakhir. Para member mendorong dan memeluk Hirate yang memegang buket bunga berwarna merah. Kobayashi, satu-satunya member yang tersisa di atas panggung, memungut buket bunga yang ditinggalkan Hirate di atas altar, dan kemudian meninggalkan panggung. Penonton pun memberikan tepuk tangan meriah. Sebuah konser yang bagaikan sebuah karya seni.

アンコール含めて17曲、ほぼノンストップの構成。平手はじめ、メンバーたちは全精力を出し尽くした。特に「黒い羊」は曲の世界に入り込んだメンバーの心身に大きな負担がかかる楽曲で、魔曲と呼ばれることもある。今後も披露する機会は限られそうなだけに、この日は貴重なパフォーマンスとなった。

Sebuah komposisi yang hampir tanpa henti, total 17 lagu termasuk encore. Dimulai dari Hirate, para member menghabiskan seluruh energi mereka. Terutama pada lagu ‘Kuroi Hitsuji’, sebuah lagu yang dijuluki “lagu iblis” karena fisik dan mental member menanggung beban yang besar saat memasuki dunia dari lagu ini. Tampaknya penampilan dari lagu ini akan dibatasi ke depannya, sehingga penampilan mereka di hari itu sungguh tak ternilai.

2期生の活躍も目立った。「大人は信じてくれない」の冒頭で平手の隣に立った藤吉夏鈴(17)は、独特のムードを持つ。武元唯衣(17)山崎天(13)らは感情のこもったパフォーマンスで魅了した。特に大きな歓声を浴びた森田ひかる(17)は、人気の高さをうかがわせた。

Penampilan member generasi 2 pun bersinar. Fujiyoshi Karin yang berdiri di samping Hirate di pembukaan ‘Otona wa Shinjitekurenai’ memiliki aura yang unik. Takemoto Yui dan Yamasaki Ten tampil memesona dengan penampilannya yang emosional. Terutama Morita Hikaru yang mendapat banyak teriakan dukungan, menyiratkan bahwa popularitasnya begitu tinggi.

数人でパフォーマンスするユニット曲がなく、メンバー20人前後で披露する全体曲ばかりだったのは、世界観の「ブレ」を少なくするためだったのだろう。もちろんユニット曲にも多くの名曲があるが、今回のコンセプトはデビュー3周年で醸成してきた欅坂46の世界観を凝縮し、怒濤(どとう)のように届ける「一気見せ」のライブだった。【横山慧】

Setlist yang hanya berisi lagu grup yang dibawakan oleh kurang lebih 20 member tanpa lagu unit yang dibawakan beberapa orang, mungkin bertujuan untuk meminimalisir terdistorsinya perspektif mereka. Sudah barang tentu ada banyak lagu yang populer di antara lagu unit mereka, namun konsep mereka kali ini adalah konser “satu tarikan nafas” yang merangkum perspektif Keyakizaka46 yang tumbuh berkembang selama 3 tahun debut mereka, dan menyampaikannya pada penonton layaknya sebuah gelombang pasang.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter